Buku Puisi: Sudahkah Kau Memeluk Dirimu Hari Ini?


1. semua puisi yang ada di bagian aku hendak pindah rumah
pernah terbit dalam satu buku berjudul sama. tidak semua
puisi dalam buku tersebut hadir kembali di kumpulan ini.
buku aku hendak pindah rumah, yang berisi puisi-puisi yang
ditulis tahun 2004-2007, terbit awal tahun 2008.

2. serangkaian puisi di bagian cinta yang marah pernah terbit
dalam satu buku dengan judul sama pada pertengahan tahun
2009. cinta yang marah adalah serangkaian puisi, atau bisa
juga disebut satu puisi panjang, maka dalam kumpulan ini
sengaja dihadirkan utuh.

3. hujan rintih-rintih adalah kumpulan puisi pertama saya, terbit
awal tahun 2005. sebagian puisi yang ada dalam kumpulan
itu sengaja saya hadirkan dalam kumpulan ini untuk
menunjukkan puisi-puisi yang saya tulis pada tahun-tahun
awal saya menulis puisi.

4. bagian surat cinta yang ganjil berisi puisi-puisi yang belum
pernah masuk dalam kumpulan puisi saya yang mana pun,
termasuk tokoh-tokoh yang melawan kita dalam satu cerita yang
terbit tidak lama sebelum kumpulan ini terbit.

5. sejumlah puisi yang lebih baru awalnya ada di kumpulan
ini, tetapi kemudian saya membatasi hanya memasukkan
puisi-puisi yang yang lahir antara tahun 2001-2011. maka
bisalah disebut buku ini sebagai perayaan dan hadiah kecil
setelah satu dekade saya belajar menulis puisi.

Leave a Reply

